KATA PENGANTAR
Perencanaan pendidikan nonformal ditingkat provinsi perlu didukung data dan informasi yang lengkap yang terjadi data pendidikan yang mencangkup p;endidikan nonformal maupun data nonpendidikan. Data nonpendidikan terdiri dari data administrasi pemerintahan daerah, demografi, ekonomi. Sosial budaya/agama serta Keaksaraan Fungsional ( KF ). Pendidikan Anak Usia Dini ( KB, TPA, Pos PAUD dan SPS ). Kesetaraan ( Pakaet A, B, dan C ). Data kursus, Kelompok Belajar Usaha. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
Data tersebut diperlukan sebagai rujukan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan nonformal melalui faktor internal maupyn eksternal. Sejalan dengan itu Dinas Pendidikan Prvinsi Riau dalam memperoleh data pendidikan nonformal maupun Informal yang terintegrasi lengkap dan mutakhir maka Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Propinsi Riau mengadakan kegiatan Penyusunan Profil Pendidikan Nonformal dan Informal dengan melibatkan 11 Kabupaten / Kota se Propinsi Riau.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami memerlukan data pelaksanaan program pendidikan nonformal dalam kurun waktu 1 Januari s.d 31 Desember 2009 dan data nonpendidikan tahun 2008 maupun 2009 yang dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang keadaan dan potret pendidikan nonformal di Propinsi. Gambaran yang menyeluruh tersebut diperlukan oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Selain itu, Penyusunan Profil Pendidikan Nonformal dan Informal Propinsi ini juga diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan untuk penyusunan perencanaan pembangunan pendidikan nonformal yang realistis.
Dengan menggunakan Profil Pendidikan Nonformal dapat diketahui dan diperhitungkan berbagai faktor yang bisa menjadi pendukung perkembangan pendidikan di propinsi Riau.
Demi kelancaran kegiatan ini, kami mohon bantuan saudara untuk mengisi Instrumen berikut dengan data yang tersedia. Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Bidang PNFI Dinas Pendidikan
Provinsi Riau Tahun 2009